Selasa, 08 Desember 2015

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS 6 SEMESTER 1 KALIMAT PUJIAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : ...........................
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : VI/1 (Ganjl)
Materi Pokok           : Kalimat Pujian
Alokasi Waktu          : 2 x 35 menit


BERBICARA
       I.            Standar Kompetensi
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

    II.            Kompetensi Dasar  
2          Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

 III.            Indikator                   
Membuat kalimat pujian
Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
Memperagakan percakapan yang telah dibuat

 IV.            Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan mengamati guru mengucapkan kalimat pujian, siswa dapat memperagakan percakapan sederhana dengann kalimat pujian dan bahasa yang santun
2.      Dengan mempelajari materi kalimat pujian, siswa dapat terampil mengucapkan kalimat pujian dengan benar
3.   Dengan mempelajari materi kalimat pujian, siswa dapat mempergakan percakapan kalimat pujian dengan percaya diri
  
    V.            Materi Pembelajaran:
Kalimat Pujian

 VI.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Pendahuluan (10 menit)
a)      Guru mengucapkan salam dan siswa menjawab salam
b)      Guru bersama siswa berdo’a untuk mengawali pembelajaran
c)      Guru mengecek kehadiran siswa
d)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
e)      Guru menjelaskan garis besar kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
f)       Guru memberi motivasi dengan kata-kata  yang membangun
g)      Guru menanyakan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran
h)      Guru memuji siswa yang memperhatikan guru ketika berbicara
i)        Guru menghubungkan pujian yang telah dilontarkan pada siswa dengan materi yang akan dipelajari
j)        Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai

2.      Kegiatan inti (55 menit)
A.    Eksplorasi 
a)      Guru menjelaskan bagaimana cara membuat kalimat pujian
b)      Guru memberikan contoh kalimat pujian kepada siswa
c)      Guru mengajak siswa untuk mengungkapkan hal-hal yang ingin diketahui siswa mengenai kalimat pujian

B.     Elaborasi
a)      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengar
b)      Siswa membuat kalimat  pujian atas permasalahan yang diberikan guru
c)      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok terdiri dari 4-5 siswa
d)     Setiap kelompok membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
e)      Guru menunjuk kelompok untuk memperagakan percakapan yang telah dibuat

C.     Konfirmasi
a)      Siswa membahas dengan guru seputar kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
b)      Guru memberi pemantapan konsep agar tidak terjadi kesalahan konsep pada siswa
c)     Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui
d)  Guru memberikan evaluasi/tes untuk mengetahui penguasaan konsep siswa terhadap materi yang telah dipelajari

3.      Penutup (5 menit)
a)      Guru menyimpulkan materi pelajaran
b)      Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa agar dapat memberikan pujian kepada orang lain, apabila orang lain melakukan hal yang baik
c)      Guru bersama siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran

VII.            Pendekatan dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan    : Pendekatan Komunikatif
Metode           : Ceramah, tanya jawab, penugasan, bermain peran


VIII.          Media dan Sumber Pembelajaran:
BSE Bahasa Indonesia Kelas 6 SD
Sumber lain yang relevan

 IX.            Penilaian:
Proses (selama PBM berlangsung)
Unjuk Kerja/perbuatan
Lisan (tanya jawab)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Tehnik Penilaian
Aspek Penilaian
Bentuk instrument
Instrumen Soal
Skor
Membuat kalimat pujian



















Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian



Memperagakan percakapan yang telah dibuat
Tes tertulis/lisan/tindakan







Kognitif
Afektif
Psikomotorik






Isian






















Isian
Berikan pujian pada permaslahan berikut:
Salah seorang temanmu dikenal sebagai seorang pendiam. Namun, setiap kali ada kegiatan kerja bakti di kampung, temanmu itu selalu datang paling awal dan pulang paling akhir.

Buatlah teks percakapan yang didalamnya terdapat kalimat pujian!




Praktikkan teks percakapan bersama teman kelompokmu!
5











5






5




Kriteria Penilaian
•         Produk
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1


•         Performansi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.










2.









3.
Kognitif










Afektif








Psikomotor
*Dapat dapat memperagakan percakapan sederhana dengann kalimat pujian
*Kurang dapat. memperagakan percakapan sederhana dengann kalimat pujian

*Tidak dapat memperagakan percakapan sederhana dengann kalimat pujian


*Menunjukkan sikap berani untuk maju mempergakan percakapan

*Menunjukkan sikap berani untuk maju mempergakan percakapan yang kurang

*Tidak menunjukkan berani untuk maju mempergakan percakapan

*Aktif bertanya, menjawab pertanyaan dan aktif

*Kurang aktif

*Tidak aktif
4


2



1



4


2


1


4


2

1



•         Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Penilaian
Total
Jumlah Skor
Nilai
Performansi
Produk
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1
2
3
4
5

Catatan:
•         Nilai= (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
•         Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial









                                                                                                                                                                           Tegal, 1 Desember 2015

Mengetahui,
                                               
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________








LAMPIRAN

Materi Pokok

Kalimat Pujian


Kalimat Pujian adalah suatu kalimat atau pernyatan yang mengungkapkan perasaan kekaguman atau tanggapan positif terhadap hasil suatu karya. Menurut KBBI, pujian adalah suatu pernyataan pengakuan dan penghargaan yang diutarakan suatu kebaikan atau keunggulan atau hasil yang spektakuler terhadap sesuatu. Pujian biasanya diutarakan karena suatu bentuk kesyukuran terhadap Tuhan akan prestasi yang dicapainya, atau dapat juga disampaika kepada seseorang yang melakukan suatu kebaikan, atau mencapai hasil yang memuaskan. Sehingga melalui pujian, sama halnya memberikan penghargaan kepada lawan bicara. 

Pujian yang efektif                                 

1.      Singkat. Jika terus menerus memberikan pujian, maka akan terdengar terlalu berlebihan dan dibuat-buat.

2.      Tulus. Simaklah pembicaraan orang dan cermati apa yang menjadi kebanggaannya. Itulah yang perlu di puji.


Contoh kalimat pujian:
1.      Kamu memang pintar, tiga kali berturut turut menjadi juara kelas.
2.      Tak diragukan lagi kemampuanmu ini sungguh luar biasa, lukisan penuh makna berhasil kau sulap mengandung sejuta makna, siapapun akan terpanah dengan arti yang terkandung di dalamnya.
3.       Kami bangga padamu, meski keterbatasan ekonomi, kau berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Kau adalah contoh perjuangan anak bangsa, semuanya mungkin jika kita berusaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar