RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VI/1 (Ganjl)
Materi
Pokok : Kalimat
Pujian
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
BERBICARA
I.
Standar Kompetensi
Memberikan informasi dan
tanggapan secara lisan
II.
Kompetensi Dasar
2 Menanggapi ( memuji,
mengkritik) sesuatu hal disertai alas an
yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun
III.
Indikator
Membuat
kalimat pujian
Membuat
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
Memperagakan
percakapan yang telah dibuat
IV.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan
mengamati guru mengucapkan kalimat pujian, siswa dapat memperagakan percakapan sederhana dengann kalimat
pujian dan bahasa yang santun
2.
Dengan
mempelajari materi kalimat pujian, siswa dapat terampil mengucapkan kalimat pujian dengan benar
3. Dengan mempelajari materi kalimat pujian, siswa dapat mempergakan percakapan kalimat pujian dengan percaya diri
V.
Materi Pembelajaran:
Kalimat Pujian
VI.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.
Pendahuluan (10 menit)
a)
Guru mengucapkan salam dan
siswa menjawab salam
b)
Guru bersama siswa berdo’a
untuk mengawali pembelajaran
c)
Guru mengecek kehadiran siswa
d)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
e)
Guru menjelaskan garis besar
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
f)
Guru memberi motivasi dengan
kata-kata yang membangun
g)
Guru menanyakan kesiapan siswa
dalam mengikuti pembelajaran
h)
Guru memuji
siswa yang memperhatikan guru ketika berbicara
i)
Guru
menghubungkan pujian yang telah dilontarkan pada siswa dengan materi yang akan
dipelajari
j)
Guru menyampaikan kompetensi
yang harus dicapai
2.
Kegiatan inti (55 menit)
A.
Eksplorasi
a)
Guru menjelaskan bagaimana
cara membuat kalimat pujian
b)
Guru memberikan contoh kalimat pujian kepada siswa
c)
Guru mengajak siswa untuk
mengungkapkan hal-hal yang ingin diketahui siswa mengenai kalimat pujian
B.
Elaborasi
a)
Guru bertanya
jawab dengan siswa tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengar
b)
Siswa membuat kalimat pujian atas permasalahan yang diberikan guru
c)
Guru membagi
siswa dalam beberapa kelompok terdiri dari 4-5 siswa
d)
Setiap
kelompok membuat percakapan sederhana dengan menggunakan
kalimat pujian
e)
Guru menunjuk
kelompok untuk memperagakan percakapan yang telah dibuat
C.
Konfirmasi
a)
Siswa membahas dengan guru
seputar kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
b)
Guru memberi pemantapan konsep
agar tidak terjadi kesalahan konsep pada siswa
c) Guru memberikan kesempatan
bertanya pada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui
d) Guru memberikan evaluasi/tes
untuk mengetahui penguasaan konsep siswa terhadap materi yang telah dipelajari
3. Penutup (5 menit)
a)
Guru
menyimpulkan materi pelajaran
b)
Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa agar dapat memberikan pujian kepada orang lain, apabila
orang lain melakukan hal yang baik
c)
Guru
bersama siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
VII.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan
: Pendekatan Komunikatif
Metode : Ceramah, tanya jawab, penugasan, bermain peran
VIII.
Media dan Sumber Pembelajaran:
BSE Bahasa Indonesia Kelas 6 SD
Sumber lain yang relevan
IX.
Penilaian:
Proses (selama PBM berlangsung)
Unjuk Kerja/perbuatan
Lisan (tanya jawab)
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Aspek Penilaian
|
Bentuk instrument
|
Instrumen Soal
|
Skor
|
Membuat kalimat pujian
Membuat percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat pujian
Memperagakan percakapan yang telah
dibuat
|
Tes tertulis/lisan/tindakan
|
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
|
Isian
Isian
|
Berikan pujian pada permaslahan berikut:
Salah seorang temanmu dikenal sebagai seorang pendiam.
Namun, setiap kali ada kegiatan kerja bakti di kampung, temanmu itu selalu
datang paling awal dan pulang paling akhir.
Buatlah teks percakapan yang
didalamnya terdapat kalimat pujian!
Praktikkan teks percakapan
bersama teman kelompokmu!
|
5
5
5
|
Kriteria Penilaian
• Produk
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Kognitif
Afektif
Psikomotor
|
*Dapat dapat memperagakan percakapan
sederhana dengann kalimat pujian
*Kurang dapat. memperagakan
percakapan sederhana dengann kalimat pujian
*Tidak dapat memperagakan percakapan sederhana dengann kalimat pujian
*Menunjukkan sikap berani
untuk maju mempergakan percakapan
*Menunjukkan sikap
berani untuk maju mempergakan percakapan yang kurang
*Tidak menunjukkan berani untuk
maju mempergakan percakapan
*Aktif bertanya, menjawab
pertanyaan dan aktif
*Kurang aktif
*Tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
• Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian
|
Total
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Performansi
|
Produk
|
|||||||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||||
1
2
3
4
5
|
Catatan:
• Nilai=
(jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
• Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial
Tegal, 1 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
________________ _______________
LAMPIRAN
Materi Pokok
Kalimat Pujian
Kalimat Pujian adalah suatu kalimat atau pernyatan yang mengungkapkan perasaan kekaguman atau tanggapan positif terhadap hasil suatu karya. Menurut KBBI, pujian adalah suatu pernyataan pengakuan dan penghargaan yang diutarakan suatu kebaikan atau keunggulan atau hasil yang spektakuler terhadap sesuatu. Pujian biasanya diutarakan karena suatu bentuk kesyukuran terhadap Tuhan akan prestasi yang dicapainya, atau dapat juga disampaika kepada seseorang yang melakukan suatu kebaikan, atau mencapai hasil yang memuaskan. Sehingga melalui pujian, sama halnya memberikan penghargaan kepada lawan bicara.
Pujian yang efektif
1.
Singkat. Jika terus menerus memberikan
pujian, maka akan terdengar terlalu berlebihan dan dibuat-buat.
2.
Tulus. Simaklah pembicaraan orang
dan cermati apa yang menjadi kebanggaannya.
Itulah yang perlu di puji.
Contoh kalimat pujian:
1.
Kamu memang pintar, tiga kali
berturut turut menjadi juara kelas.
2.
Tak diragukan lagi kemampuanmu
ini sungguh luar biasa, lukisan penuh makna berhasil kau sulap mengandung
sejuta makna, siapapun akan terpanah dengan arti yang terkandung di dalamnya.
3. Kami bangga padamu, meski keterbatasan
ekonomi, kau berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Kau adalah contoh
perjuangan anak bangsa, semuanya mungkin jika kita berusaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar